Jumat, 19 Februari 2016

Manfaat Dahsyat Shalat Tahajud

Salam sejahtera para sahabat anis, dimana saja kalian berada semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat. Sahabat-sahabatku kali ini anis ingin mengajak kalian untuk mengenal dan mengetahui DAHSYATNYA SHALAT TAHAJUD.

Sahabat, seperti yang kita ketahui Sholat Tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan di malam hari setelah seseorang bangun dari tidur. Ibadah ini termasuk sunnah mu’akad, yaitu sunnah yang dikuatkan dengan syara’.

Sahabat Tahukah kalian ada banyak sekali manfaat-manfaat yang kita dapatkan setelah kita melaksanakan shalat tahajud. Nah sahabat anis, yukk kita baca apa saja manfaat yang kita dapatkan setelah kita melaksanakan salat tahajud.

Manfaat-manfaat yang kita dapatkan setelah kita melaksanakan shalat tahajud,diantaranya:


1. Penghapus dosa dan mencegah berbuat dosa

Sahabat,bisa dibilang shalat tahajud mampu menjadi media penghapus dosa karena mereka yang melaksanakannya tentu akan memperkuat iman serta menjauhkan diri dari perbuatan dosa. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa sholat malam adalah ibadah yang sering dilakukan oleh orang-orang shaleh. Ibadah ini dapat mendekatkan seseorang kepada Sang Pencipta, jalan menghapuskan dosa serta mencegah muslimin untuk berbuat dosa.


2. Tanda takwanya terlihat dimuka.

Orang yang sering melaksanakan shalat tahajud biasanya memiliki wajah yang bersinar. Inilah yang menjadi tanda bahwa seseorang tersebut bertakwa kepada ALLAH SWT.


3. Melancarkan aliran darah di tubuh

Saat malam menjelang pagi udara di atmosfer masih sangat segar dan baik untuk dihirup oleh paru-paru. Tubuh kita pun menggerak-gerakan seluruh otot yang membuat badan segar seketika dan seluruh aliran darah terasa lancar. Hanya orang-orang yang melaksanakan shalat tahajudlah yang dapat merasakan udara segar dimalam hari.


4. Membesarkan rongga paru-paru

Subhanallah,,Gerakan shalat ternyata memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh kita. Gerakan saat takbiratul ihram yang diikuti dengan bersedekap sebenarnya membuka rongga paru-paru menjadi lebar sehingga hal ini memperlancar aliran udara menuju paru-paru. 


5. Jaminan masuk syurga

Sahabatku, seperti apa yang dikatakan Rasulullah SAW bahwa siapapun yang melaksanakan shalat tahajud, maka jaminan syurga baginya. Hal ini tentu juga diriwayatkan dalam salah satu hadist, sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, salat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat”. (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmizy).


6. Mendapat keringanan ketika dinasab di akhirat

Sahabat kita tahu bahwa setiap orang memiliki catatan dosa dan pahala yang akan diterima pada hari akhir nanti. Barang siapa yang memiliki catatan pahala yang lebih banyak tentu syurga jaminannya. Namun sebaliknya, barang siapa yang memiliki catatan dosa lebih banyak sudah tentu nerakalah jaminan baginya. Bagi para kaum muslim yang taat, shalat tahajud bisa menjadi media untuk mendapat keringanan ketika dinasab diakhirat nanti. Allah akan memberikan keutamaan ini pada mereka yang memohon ampunan di sepertiga malam.


7. Memperoleh cinta Allah

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa orang yang selalu melaksanakan shalat tahajud akan memperoleh cinta dari Allah SWT. Sebagaimana beliau pernah bersabda pada Abu Darda’ r.a. tentang keutamaan shalat tahajud ini. Mereka yang memilih bangun di tengah malam dan meninggalkan kenyamanan tidur, niscaya akan mendapat cinta dari Allah SWT. 


8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Secara bio-teknologi, sebuah penemuan baru menyebutkan bahwa shalat tahajud mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu dikatakan juga bahwa shalat tahajud dapat meningkatkan respon positif yang sangat efektif dalam anastesi pra bedah. Sehingga inilah yang menjadi alasan shalat tahajud sangat baik dilaksanakan oleh penderita penyakit berat sekalipun.



Subhanallah,,, sahabat anis ternyata banyak sekali ya manfaat yang kita dapatkan ketika kita melaksanakan shalat tahajud. Nah sahabat, bagaimana sekarang setelah sahabat membaca Manfaat shalat tahajud diatas? Semoga tambah semangat ya melaksanakan shalat tahajudnya. Sampai berjumpa lagi ditulisan anis selanjutnya. Semoga setiap tulisan yang ada di blog anis bisa memberikan manfaat untuk sahabat anis semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Telah Berkunjung Dan Memberikan Komentar
Saran Dan Kritik Sangat Saya Nantikan Untuk Kesempurnaan Blog Ini